Capaian pembelajaran lulusan aspek sikap dan tata nilai : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius
  2. Menjunjung  tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragama budaya,  pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadapmasyarakat dan lingkungan
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri

Capaian pembelajaran lulusan aspek pengetahuan :

  1. Menguasai (mampu menjelaskan) konsep teoritis ilmu kebumian dan matematika rekayasa secara umum;
  2. Menguasai konsep teoritis geologi khususnya siklus batuan, siklus tektonik dan siklus hidrogeologi, sistem dinamika bumi dalam ruang dan skala geologi;
  3. Menguasai konsep, metode dan teknik pemetaan geologi, pengolahan data, pemodelan geologi, ekstraksi, mitigasi dan konservasi geologi;

Capaian  pembelajaran  lulusan  aspek Keterampilan Umum :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerap- kan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Capaian  pembelajaran  lulusan  aspek Keterampilan Khusus :

  1. Mampu menerapkan matematika, sains dan prinsip rekayasa (Engineering principles) untuk membuat atau memodifikasi hasil rekayasa geologi.
  2. Mampu menyelesaikan masalah rekayasa geologi yang berkaitan dengan material bumi yang melibatkan atau diakibatkan oleh proses geologi dengan mempertimbangkan faktor keteknikan, ekonomi, keselamatan dan lingkungan, meliputi kemampuan mengidentifikasi, menganalisis masalah, mengusulkan solusi dan membuat desain rekayasa geologi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS dan Teknologi Informasi.
  3. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis sifat fisika dan kimia material hasil proses geologi.
  4. Mampu menganalisis berbagai alternative solusi yang telah ada dan mengusulkan solusi terbaik untuk pemanfaatm sumber daya geologi, pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana geologi secara berkelanjutan.
  5. Mampu memberikan masukan dan rekomendasi terhadap penyelesaian masalah rekayasa geologi dalam bentuk karya ilmiah
MAINSITE